Anti Ribet! Begini Cara Merawat Kompor Gas 2 Tungku Rinnai

Posted on

Merawat kompor tak hanya tugas seorang ibu saja, namun bisa siapa saja. Rata-rata setiap rumah memiliki alat rumah tangga ini, entah yang 1 atau 2 tungku. Simak cara merawat kompor gas 2 tungku Rinnai berikut yang harus kamu ketahui.

Cara Merawat Kompor Gas 2 Tungku
rinnai.co.id

Begini Cara Merawat Kompor Gas 2 Tungku Rinnai

Setiap hari kompor pasti digunakan, entah di rumah, warung makan, atau resto. Oleh sebab itu, kamu wajib membersihkannya. Lambat laun akan kotor terlebih sering digunakan. Ganti kompor dengan yang baru setelah usia pemakaian lebih dari 5 tahun.

Bersihkan Tungku dan Ring

Pertama lepaskan tungku atau wadah penyangga dan ring untuk atau dilap basah hingga bersih. Untuk cara membersihkan, rendam tatakan pada air panas yang ditambahkan sabun cuci piring dan soda kue. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, hingga kotoran terangkat. Sementara itu, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan tatakan atau ring. Setelah bersih lap dengan kain yang kering. Begitu juga bagian penutup kompor, kamu bisa lakukan hal yang sama.

Bersihkan Body Kompor

Bagian body kompor sangat mudah dibersihkan, sebab terbuat dari stainless steel dengan metode pengecatan powder coating. Gunakan kain basah dan cairan pembersih khusus supaya kembali bersih dan terlihat mengkilap.

Bersihkan Permukaan Kompor

Membersihkan permukaan kompor pun juga tidak sulit, karena bisa menggunakan pembersih bahan alami. Seperti larutan cuka, baking soda, jeruk nipis, atau lemon. Cara merawat kompor gas 2 tungku bisa kamu lakukan dirumah, bukan?

Cek kondisi selang dan regulator

Ketika kompor tidak menyala biasanya penyebab utama yaitu tersumbat kotoran. Namun ada penyebab lain yakni masalah pada aliran dari tabung ke kompor. Maka dari itu, ketika membersihkan kompor, cek juga selang dan regulator kompor gas. Bisa saja ada penyumbatan, bocor, atau masalah lain. Gantilah regulator setelah 1 hingga 3 tahun pemakaian.

Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan kompor secara rutin, paling tidak setiap kali selesai dipakai di lap seluruh body kompor. Jadi ketika jadwal bersih-bersih 1 minggu sekali tidak terlalu kotor. Paling enak membersihkan kompor setiap selesai memakai, walaupun hanya mengelap saja. Sebab bekas minyak akan sangat kotor jika dibiarkan selama berhari-hari menempel di kompor.

Tips Merawat

Umumnya nyala api berwarna biru, namun ketika menyala merah pertanda ada masalah. Terus merawat kompor agar awet dan menyala warna biru, begini caranya:

  1. Selalu bersihkan tungku setelah selesai masak, walau terlihat bersih namun pasti ada kotoran sisa masak.
  2. Bersihkan berulang menggunakan lap khusus minyak, agar noda terangkat menyeluruh.
  3. Bersihkan hingga body dan bawah kompor.
  4. Periksa regulator, selang, dan tabung gas.

Demikian cara merawat kompor gas 2 tungku yang dapat kamu lakukan di rumah dengan mudah dan tentu hanya menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat!